MANAJEMEN PERUBAHAN
Dalam memahami manajemen perubahan, ingatlah : "Mekanisme kerja, Mindset & Culture Set"
- Mekanisme kerja : Semua hal yang berkaitan dengan pembangunan ZI di RSPM menggunakan mekanisme kerja yang jelas, terstruktur dan menggunakan metode-metode tertentu. Diantaranya :
- Tim kerja ZI ditentokan melalui pengusulan dari unit, seleksi melalui Focus Group Discussion (FGD) dalam weekly report
- Perencanaan kerja (rencana aksi) dibuat tiap area, dan ditentukan target prioritas yang mendukung pembangunan ZI di RSPM. Untuk manajemen perubahan, target prioritasnya adalah Pakta Integritas, Agen Perubahan, Lanjut Paris
- Sosialisasi pembangunan ZI dilakukan secara massive, melalui : Website, Instagram, XBanner di lingkungan RSPM, Akrilik-akrilik pembangunan ZI di lingkungan RSPM, Miniatur ZI tiap unit, Expo ZI, ZI Day (setiap selasa)
- Semua dokumen kebutuhan manajemen perubahan dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala (3 bulan sekali)
- Pimpinan adalah role model pembangunan ZI di RSPM (termasuk apel, senam pagi, pemberian motivasi dan arahan tentang pembangunan ZI di lingkungan RSPM)
- Agen perubahan RSPM 2023 : (1) Didik Mulyono, A.Md, Kep; (2) Ns. Juwita Agustin Ratnadewi, S.Kep; (3) Siti Nur Solihah, A.Md,Kep; (4) Ni Nyoman Dayu Mahalastri, SKM; (5) Abdussyakur Marzuq, SE; (6) Nikmahtul Fadilla, A.Md, Gz; (7) Candraningtyas Hermadani, A.Md, Gz
-
Culture Set / budaya kerja RSPM menggunakan Core Values ASN berAKHLAK , nilai dasar RSPM adalah 5S + 1 A , bekerja dengan Golden Habit,
- 5S = Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun dan AMANAH
- AMANAH : Adaptif, Melayani, Adil, Normatif, Akuntabel, Harmonis
- Golden Habit RSPM = Memulai bekerja dengan doa dan briefing, melakukan 5S+1A, penggunaan atribut lengkap, tolak gratifikasi, bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur
- Motto RSPM = Melayani sepenuh hati
- Panduan perilaku greeting di RSPM :
- Saat bertemu dengan pasien/ pengunjung Rumah Sakit yang harus dikatakan:
Selamat pagi Bapak/Ibu... (sebutkan nama dan profesi). Ada yang bisa saya bantu? - Pengunjung yang sudah menggunakan jasa pelayanan di Rumah Sakit yang harus dikatakan:
Terima Kasih Bapak/Ibu sudah berkunjung ke RSPM - Saat bertemu rekan kerja yang harus dikatakan:
Hai, selamat (pagi/siang/sore) apa kabar? - Saat bertemu atasan yang harus dikatakan:
Selamat pagi Bapak/Ibu, apa kabar?
- Saat bertemu dengan pasien/ pengunjung Rumah Sakit yang harus dikatakan:
- Mindset = Berpikir kita sebagai karyawan RSPM haruslah
tiap diri dari kita harus memiliki integritas dalam bekerja, mengajak sesama untuk fokus dalam bekerja sesuai dengan culture set/ budaya kerja yang sudah menjadi regulasi di RSPM. Dan seluruh pegawai di lingkungan RSPM memiliki tugas melakukan internalisasi se massive mungkin dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi di RSPM