MANAJEMEN PERUBAHAN

Dalam memahami manajemen perubahan, ingatlah : "Mekanisme kerja, Mindset & Culture Set"

  • Mekanisme kerja : Semua hal yang berkaitan dengan pembangunan ZI di RSPM menggunakan mekanisme kerja yang jelas, terstruktur dan menggunakan metode-metode tertentu. Diantaranya :
    1. Tim kerja ZI ditentokan melalui pengusulan dari unit, seleksi melalui Focus Group Discussion (FGD) dalam weekly report
    2. Perencanaan kerja (rencana aksi) dibuat tiap area, dan ditentukan target prioritas yang mendukung pembangunan ZI di RSPM. Untuk manajemen perubahan, target prioritasnya adalah Pakta Integritas, Agen Perubahan, Lanjut Paris
    3. Sosialisasi pembangunan ZI dilakukan secara massive, melalui : Website, Instagram, XBanner di lingkungan RSPM, Akrilik-akrilik pembangunan ZI di lingkungan RSPM, Miniatur ZI tiap unit, Expo ZI, ZI Day (setiap selasa)
    4. Semua dokumen kebutuhan manajemen perubahan dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala (3 bulan sekali)
    5. Pimpinan adalah role model pembangunan ZI di RSPM (termasuk apel, senam pagi, pemberian motivasi dan arahan tentang pembangunan ZI di lingkungan RSPM)
    6. Agen perubahan RSPM 2023 : (1) Didik Mulyono, A.Md, Kep; (2) Ns. Juwita Agustin Ratnadewi, S.Kep; (3) Siti Nur Solihah, A.Md,Kep; (4) Ni Nyoman Dayu Mahalastri, SKM; (5) Abdussyakur Marzuq, SE; (6) Nikmahtul Fadilla, A.Md, Gz; (7) Candraningtyas Hermadani, A.Md, Gz
  • Culture Set / budaya kerja RSPM menggunakan Core Values ASN berAKHLAK , nilai dasar RSPM adalah 5S + 1 A , bekerja dengan Golden Habit,
    1. 5S = Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun dan AMANAH
    2. AMANAH : Adaptif, Melayani, Adil, Normatif, Akuntabel, Harmonis
    3. Golden Habit RSPM = Memulai bekerja dengan doa dan briefing, melakukan 5S+1A, penggunaan atribut lengkap, tolak gratifikasi, bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur
    4. Motto RSPM = Melayani sepenuh hati
    5. Panduan perilaku greeting di RSPM :
      • Saat bertemu dengan pasien/ pengunjung Rumah Sakit yang harus dikatakan:
        Selamat pagi Bapak/Ibu... (sebutkan nama dan profesi). Ada yang bisa saya bantu?
      • Pengunjung yang sudah menggunakan jasa pelayanan di Rumah Sakit yang harus dikatakan:
        Terima Kasih Bapak/Ibu sudah berkunjung ke RSPM
      • Saat bertemu rekan kerja yang harus dikatakan:
        Hai, selamat (pagi/siang/sore) apa kabar?
      • Saat bertemu atasan yang harus dikatakan:
        Selamat pagi Bapak/Ibu, apa kabar?
  • Mindset = Berpikir kita sebagai karyawan RSPM haruslah
    tiap diri dari kita harus memiliki integritas dalam bekerja, mengajak sesama untuk fokus dalam bekerja sesuai dengan culture set/ budaya kerja yang sudah menjadi regulasi di RSPM. Dan seluruh pegawai di lingkungan RSPM memiliki tugas melakukan internalisasi se massive mungkin dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi di RSPM
Alamat

Jl. Yos Sudarso No.108-112 Kota Madiun

IGD 24 Jam

(0351) 462427

Whatsapp Humas

+62 851-7692-1876