![](assets/img/hero-bg-1.jpeg)
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.
Target yang akan dicapai :
- Meningkatnya kualitas layanan publik (lebih cepat, murah, aman dan lebih mudah dijangkau)
- Meningkatnya jumlah unit layanan yang memperoleh standarisasi layanan(layanan internasional)
- Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik
Atas dasar hal tersebut terdapat beberap indikator yang perlu dilakukan untuk menerapkan peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu:
- Standar pelayanan
- Terdapat standar pelayanan
- Standar pelayanan telah dimaklumatkan dengan cara:
- Membuat standar maklumat layanan
- Melakukan pemasangan maklumat standar pelayanan di tempat pelayanan
- Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan
- Budaya pelayanan prima
- Telah dilakukan sosialisasi upaya penerapan budaya pelayanan prima kepada pegawai
- Telah dilakukan informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media, baik media cetak papan pengumuman, media sosial, website dll
- Telah terdapat sistem punishment(sanksi) dan reward(penghargaan) bagi pelaksana layanan serta memberikan kompensasi kepada penerima layanan bila layanan yang diberikan tidak sesuai standar
- Sarana layanan terpadu/terintegrasi
- Menyediakan layanan tepadu
- Terdapat inovasi dalam layanan
- Penilaian kepuasan terhadap pelayanan
- Untuk mengetahu tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh unit layanan maka perlu melakukan survey kepuasan masyarakat
- Hasil survey dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat melalui website, media sosial, dan banner/spanduk
- Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat dengan melakukan perbaikan layanan
Menyusun standar pelayanan sesuai dengan peraturan menteri PAN RB nomor 15 2014
Pengisian Survey Kepuasan dan Persepsi Pelayanan
![](assets/img/standar-pelayanan-13.jpeg)
Pengaduan Seputar Pelayanan
![](assets/img/standar-pelayanan-0.jpeg)