PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Target yang akan dicapai :

  1. Meningkatnya kualitas layanan publik (lebih cepat, murah, aman dan lebih mudah dijangkau)
  2. Meningkatnya jumlah unit layanan yang memperoleh standarisasi layanan(layanan internasional)
  3. Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik

Atas dasar hal tersebut terdapat beberap indikator yang perlu dilakukan untuk menerapkan peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu:

  1. Standar pelayanan
    1. Terdapat standar pelayanan
    2. Menyusun standar pelayanan sesuai dengan peraturan menteri PAN RB nomor 15 2014

    3. Standar pelayanan telah dimaklumatkan dengan cara:
      • Membuat standar maklumat layanan
      • Melakukan pemasangan maklumat standar pelayanan di tempat pelayanan
    4. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan
  2. Budaya pelayanan prima
    1. Telah dilakukan sosialisasi upaya penerapan budaya pelayanan prima kepada pegawai
    2. Telah dilakukan informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media, baik media cetak papan pengumuman, media sosial, website dll
    3. Telah terdapat sistem punishment(sanksi) dan reward(penghargaan) bagi pelaksana layanan serta memberikan kompensasi kepada penerima layanan bila layanan yang diberikan tidak sesuai standar
  3. Sarana layanan terpadu/terintegrasi
    1. Menyediakan layanan tepadu
  4. Terdapat inovasi dalam layanan
  5. Penilaian kepuasan terhadap pelayanan
    1. Untuk mengetahu tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh unit layanan maka perlu melakukan survey kepuasan masyarakat
    2. Hasil survey dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat melalui website, media sosial, dan banner/spanduk
    3. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat dengan melakukan perbaikan layanan

Pengisian Survey Kepuasan dan Persepsi Pelayanan

Pengaduan Seputar Pelayanan

Galeri Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Workshop Komunikasi Efektif dan Service Excellent Angkatan I RS Paru Manguharjo

Kompensasi Pelayanan

Buku Standar Pelayanan Publik

Indeks Kepuasan Masyarakat

Alamat

Jl. Yos Sudarso No.108-112 Kota Madiun

IGD 24 Jam

(0351) 462427

Whatsapp Humas

+62 851-7692-1876